Followers

Iklan

Iklan

Festival Nasi Krebun!!! Apa itu Ya?

Posted by On February 06, 2020

Scan Barcode, untuk Mendapatkan lokasi di Google Maps.
Mahasiswa KKN Universitas Jember (Unej) di Desa Bendoarum, Kecamatan Wonosari akan menggelar Festival Nasi Krebun. Dilaksanakan Jumat tanggal 7 Pebruari dan Sabtu 8 Pebruari 2020. Pertanyaannya, apasih nasi krebun itu?

Fitria Wulan Sari, salah seorang mahasiswa yang tengah KKN di Desa Bendoarum, Kecamatan Wonosari menjelaskan, festival itu merupakan bentuk kerjasama antara pemuda desa dengan mahasiswa KKN Universitas Jember. Awalnya Mahasiswa KKN mendapatkan tematik desa wisata dan kewirausahaan. Hal itu setelah melihat potensi Desa Bendoarum dengan modal sosial yang terjalin baik mahasiswa memanfaatkan hal ini untuk menyelenggarakan Festival. Diharapkan dengan kegiatan ini para pemuda dapat lebih terberdayakan dan terdapat peningkatan kemampuan,” jelasnya.

Salah satunya masalah manajerial pelaksanaan kegiatan, bagaimana cara mengorganisas hingga berkoordinasi dengan baik. Selama persiapan tidak hanya pemuda yang belajar dari mahasiswa KKN, namun mahasiswa KKN juga belajar banyak dari pemuda tentang berkehidupan di lingkungan pedesaan dan pengetahuan lain yang mungkin tidak didapat dibangku perkuliahan.

Lantas Apa yang Disebut Nasi Krebun


Nasi krebun sebenarnya makanan yang sederhana pada umumnya berisi nasi jagung dengan lauk tahu, tempe, dan ikan asin. Ciri khas nasi krebun ada di daun pembungkusnya, yaitu daun jati. Daun jati sendiri mudah ditemui di Desa Bendoarum selain itu mengingat musim penghujan dimana pohon jati biasa berdaun lebih lebat. Pemilihan daun jati sebagai daun pembungkus juga karena daun ini meninggalkan aroma yang khas dan wangi.

Warga antardusun di Desa Bendoarum sekaligus menjadi ajang mengenalkan Nasi Krebun sebagai makanan khas Bendoarum. Selain itu nasi krebun juga merupakan sarana pemersatu warga, nasi krebun biasanya menjadi makanan para petani di musim tanam padi. Nasi krebun sebenarnya makanan yang sederhana pada umumnya berisi nasi jagung dengan lauk tahu, tempe, dan ikan asin. Ciri khas nasi krebun ada di daun pembungkusnya, yaitu daun jati. Daun jati sendiri mudah ditemui di Desa Bendoarum selain itu mengingat musim penghujan dimana pohon jati biasa berdaun lebih lebat. Pemilihan daun jati sebagai daun pembungkus juga karena daun ini meninggalkan aroma yang khas dan wangi.

Motivasi lain dari penyelenggaraan Festival ini ialah bentuk syukur warga atas terlampauinya tahun lalu dengan segala berkah dalam bentuk hasil panen yang melimpah dilanjutkan dengan mendoakan tahun ini menjadi tahun baik yang juga penuh rejeki dan terhindar dari segala bencana. Festival yang diselenggarakan selama 2 hari ini diawali dengan pentas seni dari lembaga dan non-lembaga yang berada di Desa Bendoarum. Pentas seni ini diharapkan dapat menjadi ruang beraktualisasi warga Bendoarum dalam bidang kesenian. (set)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »