Pengikut

Iklan

Iklan

Reboisasi Hutan Pasca Banjir Sempol

Diposting oleh On Februari 07, 2020


ADM Perhutani Agus Sarwedi (kiri) bersama Humas Perhutani Abdul Ghani (kanan) saat penanaman.


Perhutani bersama BPJS Ketenagakerjaan melakukan reboisasi pada Kamis (6/2/2020). Hal itu dilakukan untuk menanami lahan yang selama ini gundul di wilayah Perhutani. 

Apalagi pasca Banjir yang menerjang Desa Sempol pada Rabu 29/01/2020. Perlu ada reboisasi. Penanaman itu dilakukan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso  dalam Gerakan Serentak menanam pohon di petak 90, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Blawan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukosari, Kabupaten Bondowoso (06/02/2020).

Penanaman ribuan pohon dilakukan sejumlah pihak. Momentumnya sangat tepat. Sebab diawal musim penghujan. Beberapa pihak itu adalah (Serikat Karyawan) Sekar DPD Bondowoso, Forum Komunikasi Kaur dan KRPH (FK3), LMDH Gunung Hijau, LMDH Al-barokah, LMDH Spirit Ijen, dan masyarakat sekitar hutan.

Humas Perhutani Abdul Ghani

"Lokasi ini dipilih karena merupakan bagian dari rencana tanaman Perhutani untuk tahun ini dan juga wujud nyata kepedulian Perhutani bersama masyarakat akan pentingnya alam," jelas Agus Sarwedi, ADM Perhutani KPH Bondowoso. 

Sekitar 1.000 bibit yang ditanam, diharapkan mampu memberikan sejuta manfaat yang dibutuhkan oleh dunia. Khusunya di wilayah sekitar ijen.

Lebih lanjut  ia menjelaskan, hutan memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat, baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan hidup. Banyak manfaat dari hutan yang dipetik warga dari hutan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

"Hutan juga memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi. Menanam pohon berarti melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan kita," jelas Agus.

Oleh karena itu, kata dia, tak salah jika Perhutani KPH Bondowoso mengajak masyarakat sekitar yang tergabung dalam LMDH untuk turut serta dalam Gertak Tanam ini. 

Dalam kegiatakegiatan penanaman di petak 91 d, di wilayah RPH Blawan, turut serta BPJS Ketenaga Kerjaan (BP Jamsostek) Bondowoso. Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Perhutani dan BP Jamsostek dalam rangka memberikan perlindungan kepada para petani di kawasan hutan yang terwadahi LMDH. 

Perhutani bersama tim BP Jamsostek Bondowoso saat foto bersama di kawasan penanaman.


Pada kesempatan yang sama, BP Jamsostek melakukan pendaftaran LMDH sebagai anggota BP Jamsostek. Saat itu, ada 40 kartu anggota diserahkan kepada anggota LMDH.

LMDH membantu Perhutani dalam kegiatan penanaman dan pemeliharaan hutan dan keamanan. Sebagai gantinya, Perhutani memberi kemudahan bagi kelompok warga LMDH untuk menanam tanaman pertanian di lahan Perhutani
Besar harapan kami kepada semua elemen masyarakat turut serta dalam pengelolaan dan pelestarian hutan  sebagai tumpuan hidup bagi semua mahkluk hidup. (set) 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »