Followers

Iklan

Iklan

Melon Golden Ditanam Diatas Paving

Posted by On June 14, 2020



MELON Golden Hidroponik. Inilah Melon yang tengah dikembangkan SMKN 1 Tlogosari, Bondowoso. Melon ini bentuknya sangat cantik. Ditanam di halaman sekolah dengan media tanam sabut kelapa. Uniknya ditanam diatas paving. Namun ada polybagnya. Disetiap plastik polybag, terdapat selang untuk mentransfer air. 

Sistem pengairannya menggunakan fertigasi tetes. Sistem ini memiliki keunggulan tidak membuat kotor. Selain itu penggunaan air dan pestisidanya juga bisa diminimalisir. Sebab jadwal pengairannya telah diatur besamaan dengan jadwal pemberian nutrisi.

SIMAK VIDEO NYA DI LINK DIATAS

Masa panennya bekisar 65-70 hari. Setiap bijinya memiliki bobot antara 2-3 kg. Sedangkan dipasaran, harga perkilogramnya mencapai Rp 17 ribu. 

Inovasi ini mendapat perhatian Kepala Cabang Dinas Pendidikan Bondowoso Drs H Sugiono Eksantoso MM. Pihaknya sangat mengapresiasi langkah inovasi tersebut. Harapannya lompatan inovasi itu, bisa turut serta mengangkat nama kabupaten. “Kami sudah menginventarisasi potensi. Selanjutnya minimal kami akan kenalkan ke tingkat Jawa Timur,” jelasnya.

H Sugiono bertekad akan mendorong SMK memiliki branding. Sehingga ada yang bisa dibanggakan. Dalam bidang pertanian, maka inovasinya harus bisa dibanggakan. Termasuk penanaman Melon Golden yang dibuat SMKN 1 Tlogosari ini sangat bagus. “Sekolah yang sudah melakukan inovasi, harus mendapat support. Baik support pemasaran sampai finansial. Termasuk guru-gurunya,” jelasnya. (riz)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »